Connect with us

Pemerintahan

Pembangunan Smelter Tembaga PT Freeport, Gubernur Khofifah Sebut Hadiah Luar Biasa di HUT Jatim

Diterbitkan

||

Memontum Surabaya – Pembangunan instalasi pemurnian dan pengolahan atau smelter tembaga PT Freeport Indonesia, di Kabupaten Gresik menjadi kebangkitan bagi aktifitas dunia perindustrian di Jawa Timur. Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengatakan bahwa smelter tembaga itu menjadi kado luar biasa di Hari Jadi Ke-76 Provinsi Jawa Timur.

“Tentu ini adalah hadiah yang luar biasa persis di saat HUT Jawa Timur,” ujarnya saat upacara HUT Ke-76 Jatim di Gedung Grahadi, Rabu (13/10/2021).
Selain itu, lanjut Gubernur Khofifah, bahwa pelaksanaan groundbreaking smelter itu dilakukan bertepatan pada tanggal (12/10/2021) kemarin, atau bertepatan dengan Hari Jadinya Provinsi Jatim.

“Kemarin di Hari Jadi Provinsi Jawa Timur, kita mendapatkan hadiah luar biasa dengan berkenannya Bapak Presiden Republik Indonesia melakukan groundbreaking, PT Freeport Indonesia yang membangun smelter,” kata Khofifah.
Lebih lanjut Khofifah menjelaskan, bahwa smelter yang dibangun di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik akan menjadi yang terbesar di dunia.

“Saat proses pengerjaan konstruksi smelter tembaga, diperkirakan mampu menyerap hingga 40 ribu tenaga kerja. Total investasi, Insyaallah Rp 42 triliun,” jelasnya.
Sementara itu, Smelter Freeport di Gresik ini memiliki kapasitas pengolahan 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahun. Sedangkan desain pembangunannya menggunakan single line. (ade/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *